Sejarah lahirnya Vespa



Lahir dari puing – puing

Selama dari tiga puluh tahun, terbukti bahwa Scooter sebagai sarana transportasi yang murah. Namun hanya sedikit yang mengetahui latar belakang lahirnya motor legendaries tersebut.

Rinaldo Piaggio( 1864-1938 ) adalah tokoh dibalik kebesaran nama Vespa , sekaligus sebagai pendiri pabrik piaggio di tahun 1881.Sebelum berkutat dalam produksi roda dua . lebih dahulu  berhasil merancang kapal dan kereta api , bahkan putra Rinaldo yang bernama Enrico Piaggio( 1905-1965) berhasil mengelola pabrik pesawat milik keluarga. Sepeninggal Rinaldo pada tahun 1938, Enrico dan Armando Piaggio bersaudara melanjutkan usaha Ayahnya lalu membagi penggelolaan empat pabrik Piaggio.

Masa kejayaan Industri Piaggio sampai terpuruk saat meletusnya perang dunia II. Pabrik pesawat dikota Pontedere dan pisa Italia yang banyak memberikan kontribusi pada angkatan udara Italia , dimana dijadikan target operasi militer sekutu, tepatnya pada tanggal 31 agustus 1943, kedua pabrik tersebut rata dengan tanah karena di luluhlantakan oleh pesawat pembom sekutu.Namun semangat membangun belum juga pudar. Untuk keluar dari bencana ini Cuma ada dua pilihan tersisa , menutup pabrik atau mengalihkan produksi , dari pesawat ke produk massal. Maklum saja, kala itu perekenomian Italia mengalami keterpurukan dan daya beli masyarakat  sangat rendah.Dari sinilah bisa kita mensuriteladani kepemimpinan Enrico. Keinginan Enrico melanjutkan produksi yang telah menjadi puing-puing tersebut bukan didasari ambisi pribadi atau keluarga.tapi lebih mendorong semangat kebangkitan kembali Italia pasca perang dunia II. Jelas untuk membangun dibutuhkan alat trnsportasi yang murah, dan gampang digunakan untuk membantu pekerjaan bergerak cepat.Maka dirancanglah Scooter , sarana transportasi roda dua yang memenuhi tuntunan pertumbuhan pasar domestik di zaman recovery industrialisasi Italia. Meski demikian Enrico tidak melupakan desain bentuk yang sama sekali baru untuk menarik minat masyarakat pekerja. Demi alasan itulah Enrico memanggil beberapa Insinyur unrtuk mengaktualasasi rencananya.
Salah satunya adalah Corradino D’Askonia yang merancang prototype pertama motor scooter yang berjuluk MP5. Tampaknya Enrico kurang puas dengan hasil karya insinyurnya dan memerintahkan untuk mendesain ulang. Selang beberapa hari Corradino kembali dengan desain model yang lain dan kali ini Enrico puas. Apalagi saat mendengar bunyi mesinnya “ sembra una vespa ( kedengarannya seperti tawon ) “ teriak Enrico. Setelah mendapat hak patent tanggal 24 april 1946 nama vespa pun diresmikan pemakaiannya sampai sekarang.

Versi lain mengatakan Vittorio casini dan Renzo Spolti-lah yang merancang prototype awal. Lantaran bentuk yang mirip karakter komik Walt Disney, Donald Duck maka diputuskan memberi nama PAPERINO, sebutan donal bebek dalm bahasa Italia.

Keberhasilan vespa tak luput dari pengalamannya sebagai pembuat pesawat terbang. Meski tidak berpengalaman merancang kendaraan roda dua , tapi justru inilah yang menjadi kelebihan mereka. Studi yang dilakukan banyak berorientasi pada probleme solving terhadap masalah yang dihadapi para pemilik motor. Misalnya soal pergantian ban,kopling yang digerakkan kaki , disamping posisi mengemudi kurang nyaman.

Selain itu dari pengalaman di bidang aeronautika, juga didapatkan penemuan spektakuler lain , seperti sumbu roda yang mirip dengan roda pesawat terbang.

Disektor struktur rangka , Vespa juga terbilang unggul dibidang teknologi yang diaplikasi motor kebanyakan . bahkan hingga saat ini struktur tanpa rangka dipandang lebih unggul ketimbang rangka stell box konvensional dan tubular. Terlebih sasis monocoque yang dipakai semua varian Vespa sejak tahun 1946  yang telah benyak diaplikasi dimotor balap.

Tidak hanya disitu . soal desain body, Vespa juga terhitung unggul dalam hal keamanan. Desain open body memungkin kaum wanita gampang mengendarainya tanpa harus mengkhawatirkan rok atau baju yang menyangkut gir atau dirantai. Bahkan ibu hamil pun dapat leluasa berkendara karena bidang terbuka yang luas.

Tak heran kalu kurun hingga waktu 1949 dilaporkan telah beredar 40.000 unit di jalanan Italia  dan beberapa Negara lain. Ditambah setelah mendapat Internationational license ( ijin internasional ) . Enrico Piaggio memulai ekspansi ke Negara lain. Puncaknya terjadi pada tuhun 1988 lebih dari 10 juta unit vespa terjual dan terus beranjak naik hingga mencapai 15 juta unit.

Meski bukanlah produsen scooter yang pertama, manun bias dikatakan vespa buah karya Enrico Piaggio adalah yang paling sukses setelah mampu bertahan dalm kurung waktu 50 tahun.

Hal tersebut sebuah fenomena yang fantastis mengingat vespa lahir dari puing-puing kehancuran Italia.

...................................................................................

Butterfly Scooter Club dalam: Sejarah lahirnya Vespa




Share your views...

0 Respones to "Sejarah lahirnya Vespa"

Post a Comment

 

© 2012 Butterfly Scooter Club Maros All Rights Reserved Thesis WordPress Theme Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info